Judul : Psikologi Pendidikan
Penulis : Drs. Sumadi Suryabrata, B.A, M.A, Ed.S, Ph.D.
NO ISBN : 979-421-082-x
Penerbit : PT RajaGrafindo Persada
Jumlah Halaman : 354 Halaman
Tanggal terbit : 2010
Oleh : Dwi Rahmawati











Buku ini merupakan buku yang cukup bagus dan menarik untuk dibaca dan di pelajari, karena kelengkapannya dan mudah dimengerti. Buku ini terdiri dari 8 BAB, setiap babnya terdiri dari sub pokok yang menjelaskan dengan rinci.

Bab I menjelaskan tentang Perlu dan Pentingnya Psikologi Pendidikan
Psikologi adalah ilmu pengetahuan yang berusaha memahami sesama manusia, dengan tujuan untuk dapat memeperlakukannya dengan lebih tepat. Karena itu pengetahuan psikologis mengenai anak didik dalam proses pendidikan adalah hal yang perlu dan penting bagi setiap pendidik.
Bab II membahas Sifat-Sifat Umum Aktivitas Manusia
Psikologi memmpersoalkan aktivitas nanusia yang dapat kita amati secara langsung maupun tidak. Sifat-sifat umum aktivitas  manusia di antaranya terdiri dari perhatian, pengamatan, tanggapan dan variasi, fantasi, ingatan, berpikir, perasaan,  motif-motif.
Bab III Sifat-Sifat Khas Kepribadian Manusia
Kecakapan untuk dapat mengenal sesama manusia dalam banyak hal tergantung pada orangnya sendiri, akan tetapi pengetahuan dalam psikologi kepribadian akan sangat membantu peserta didik.
Bab IV Masalah Intelegensi
Apakah intelegensi itu? Intelegensi bisa disebut dengan kecerdasan yang dimiliki seseorang. Pengukuran intelegensi dapat dipakai sebagai dasar yang kuat dalam menentukan  kecerdasan. Jadi dapat disimpulkan bahwa IQ idak semata-mata tergantung kepada dasar, karena itu prasangka anak orang yang kurang cerdas juga perlu diperangi.
Bab V Tentang perbedaan-perbedaan dalam bakat
Setiap manusia memiliki bakat yang berbeda-beda, dengan kata lain bahwa seseorang akan lebih berhasil kalau dia belajar dalam lapangan yang sesuai dengan bakatnya. Tetapi tidak semua pekerjaan hanya membutuhkan satu keahlian bakat saja.
Bab VI Tentang Perkembangan Indivudu
Perkembang adalah suatu perubahan, perubahan ke arah yang lebih maju, lebih dewasa. Secara teknis perubahan disebut suatu proses. Faktr yang bias mempengaruhi perkembangan itu bisa terjadi ketika seseorang bertambah umur semakin dewasa.
Bab VII Perubahan Individu Karena Belajar
Belajar merupakan hal yang sangat penting dalam pendidikan, seseorang akan fokus belajar apabila dalam suasana yang nyaman, santai, tidak ramai dalam kebisingan. Hal tersebut mengacu dalam perubahan seseorang itu bisa menjadi lebuh baik.

Bab VIII Membahas Penilaian Dari Hasil-Hasil Pendidikan
Penilaian merupakan hasil akhir dari kerja siswa. Teknik yang biasanya digunakan yaitu rapor sebagai perumusan terakhir pada saat terakhir penilaian hasil kerja siswa. Biasanya tes yang digunakan harus mudah dimengerti dan harus benar benar vali, tes dapat berupa tes essay, pilihan ganda, karya tulis dan lain sebagainya.

Kelemahan buku ini : Buku ini masi banyak yang belum di revisi, banyak materi yang belum lengkap dalam buku ini, disebabkan penulis tidak mempunyai waktu yang cukup untuk merevisinya.

Kelebihan buku ini : Buku ini sudah baik dan membuat si pembaca mudah memahami kata-katanya, sehingga cepat diterapkan.







Komentar